Story

Serangan Siber Menggila, Berikut Cara Lindungi Data dan Diri

Di era serba digital saat ini ada saja celah kejahatan maya atau cyber crime seperti pencurian informasi identitas pribadi ataupun pencurian data yang berkaitan dengan finansial, misalnya data kartu kredit.

Pencurian data bisa terjadi pada siapa saja, tidak melulu perusahaan besar, perorangan pun dapat menjadi korban cyber crime.

Karena itu perlu mencari tau cara melindungi data pribadi selama beraktivitas dengan komputer agar terhindar dari cyber crime.

Dikutip dari akun Instagram resmi IPB dan sumber lain, berikut tips menghindari cyber crime.

1. Buat Password yang Kuat

Gunakan password kuat. Terdiri dari kombinasi huruf kecil, kapital, angka, karakter khusus, serta tidak terlalu pendek.

2. Jangan Gunakan Password Sama untuk Banyak Akun

Kebiasaan menggunakan password yang sama justru mempermudah penjahat cyber untuk mengambil beberapa akun secara bersamaan. Jangan gunakan kombinasi password yang mudah ditebak. Contohnya, nama anak atau hewan peliharaan, tanggal lahir, alamat, dan informasi publik serupa yang mudah ditebak atau dicari melalui Google.

3. Ganti Password secara Berkala

Sangat dianjurkan untuk melakukan penggantian password secara periodik. Para profesional IT merekomendasikan penggantian password setiap 30, 60, atau 90 hari.

4. Aktifkan Autentikasi Dua Faktor

Mengaktifkan autentikasi dua faktor melalui verifikasi SMS atau pesan WhatsApp. Namun, jangan pernah memberikan PIN atau kode one time password (OTP) yang dikirim ke nomor ponsel kepada orang lain, siapa pun dia.

5. Download Software atau Aplikasi dari Sumber Tepercaya

Hindari mengunduh software atau aplikasi bajakan ataupun membuka dokumen dari sumber yang tidak terjamin keamanannya untuk perangkat yang digunakan.

Pastikan juga software dan web browser yang digunakan rutin di-update. Hal ini dapat meningkatkan keamanan yang lebih baik.

6. Rajin Backup File Penting ke Cloud

Backup file dari ponsel ke penyimpanan digital (cloud), seperti Google Drive, OneDrive, iCloud, dan sebagainya secara berkala.

Pencadangan ini penting dilakukan untuk menghindari kehilangan data karena berbagai sebab, semisal kerusakan sistem, infeksi malware, kerusakan/kegagalan hard drive, dan lain-lain.

7. Tidak Membuka Attachment dan Tautan di E-mail Spam

Tips satu ini dikutip dari situs antivirus Kaspersky. Jangan membuka lampiran (attachment) dan tautan dari e-mail spam. Lampiran ini sudah disisipi malware sehingga sangat tidak aman dibuka.

8. Lindungi dengan Asuransi Perlindungan Data

PT Kation Technologies Indonesia dan PT Asuransi Sinar Mas berkolaborasi menghadirkan bundling langganan Microsoft 365 dengan asuransi kecelakaan diri.

Selain terhindar dari ancaman siber, pengguna juga mendapatkan perlindungan finansial selama 24 jam terhadap risiko-risiko kecelakaan dengan dana pertanggungan biaya perawatan dan satunan sejumlah hingga Rp.100 juta. President Director PT Kation Technologies Indonesia Yusuf Khyber Hasnoputro mengatakan, ini merupakan solusi keamanan kualitas enterprise-grade yang memastikan perlindungan data pelanggan dari akses, pencurian, atau penyalahgunaan yang tidak sah. “Tidak hanya sebatas produktivitas tinggi dan keamanan data dari platform Microsoft 365, tetapi juga perlindungan finansial dari risiko-risiko kecelakaan diri. We protect your data and yourself,” kata Yusuf dalam siaran pers yang ditulis Jumat (25/8/2023).

Meski penduduk Indonesia semakin melek teknologi dan internet, namun tingkat literasi asuransi di kalangan masyarakat masih rendah.

Masih banyak penduduk Indonesia yang belum menyadari pentingnya perlindungan finansial dari risiko atau musibah yang tak terduga, seperti kecelakaan diri.

Menurut data dari Badan Pusat Statistik, tercatat sebanyak 320,084 insiden kecelakaan pada tahun 2019 hingga 2021.

Di antaranya tercatat 74,466 korban meninggal dan 33,759 korban luka berat. Secara total keseluruhan, kerugian materi akibat kecelakaan terhitung sebesar Rp700,888 juta.

“Kolaborasi ini sebagai bentuk komitmen Asuransi Sinar Mas dalam meluaskan akses dan memberikan kemudahan perlindungan diri bagi masyarakat Indonesia,”.

https://www.tribunnews.com/techno/2023/08/26/serangan-siber-menggila-berikut-cara-lindungi-data-dan-diri

Comprehensive Microsoft 365 Bundle with Advanced Security from Kation Technologies and Sinar Mas Insurance
Inovasi Terbaru: KTI dan Sinar Mas Gabungkan Microsoft 365 dengan Asuransi dalam Bundling Menarik

Leave a Reply